Phishing: Penjelasan, Cara Kerja, Download Script dan Cara Menghindarinya

Phishing: Penjelasan, Cara Kerja, Download Script dan Cara Menghindarinya

Dalam era digital saat ini, ancaman keamanan online menjadi semakin nyata. Salah satu bentuk serangan siber yang paling umum yakni phishing. Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang istilah ini, tapi apakah kamu benar-benar tau apa itu phishing? Yuk gass langsung kita bahas penjelasannya, cara kerja dan juga download script phising (jika memungkinkan) dan cara menghindarinya.

Pengertian Phishing

Phishing ialah metode penipuan online yang dilakukan oleh penjahat dengan maksud untuk mencuri informasi pribadi dan sensitif, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan data keuangan lainnya. Pelaku phising umumnya menyamar sebagai lembaga tepercaya, seperti bank, digital wallet, atau website yang populer, dengan tujuan memperoleh akses ke akun-akunmu.

Mereka sering menggunakan teknik manipulasi psikologis dan pesan-pesan berkedok resmi untuk memancing korban agar mengungkapkan informasi sensitif mereka, salah satunya yakni iming-iming hadiah uang atau bahkan item game.

Bagaimana Phishing Bekerja

Proses phishing dimulai dengan upaya pelaku jahat untuk menciptakan tiruan yang tampak meyakinkan dari situs web atau platform yang sah. Mereka sering kali menggunakan domain yang mirip secara visual dengan situs yang ditiru, seperti "g00gle.com" atau "faceb00k.com." Setelah situs tiruan dibuat, pelaku phising akan menggunakan berbagai metode untuk menarik korban mereka. Mereka dapat mengirimkan email palsu yang tampak seperti pesan resmi dari perusahaan atau melakukan serangan melalui pesan instan atau media sosial. Pesan-pesan ini akan berisi tautan yang mengarahkan korban ke situs tiruan, yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi saat korban memasukkannya.

Phishing bisa datang dalam berbagai bentuk dan variasinya. Dalam upaya untuk mengecoh pengguna, penjahat siber terus mengembangkan metodologi baru untuk mendapatkan data yang diinginkan.

1. Spear Phishing

Jenis serangan ini lebih terfokus pada target individu atau organisasi tertentu. Penjahat siber akan melakukan mengidentifikasi untuk mencari tahu informasi tentang target mereka. Dengan pengetahuan ini, mereka dapat menyusun pesan atau situs web palsu yang tampak sangat meyakinkan.

Proses identifikasi ini tentunya melibatkan social engineering, yakni proses mempelajari kebiasaan target serta melakukan profiling secara mendalam untuk membantu dimana calon korban itu bisa terkecoh.

Misalkan misalkan sudah diketahui informasi bahwa target merupakan orang yang hobi membeli produk melalui shopee, maka bisa dipastikan si hacker nakal itu akan membuat fake login tampilan shopee dengan narasi gratis ongkir-lah, diskon besar-lah, dan lain sebagainya.

2. Whaling

Whaling mirip dengan spear phising, tetapi targetnya yaitu individu yang memiliki peran atau jabatan yang cukup tinggi, seperti eksekutif perusahaan atau pejabat pemerintah. Penjahat siber berharap dapat memanfaatkan otoritas atau akses yang dimiliki oleh si calon korban untuk mendapatkan informasi penting atau mengakses sistem internal.

3. Smishing

Serangan smishing menggunakan pesan teks atau SMS untuk mencoba mengelabui korban. Pesan teks tersebut seringkali berisi tautan atau permintaan untuk mengirim informasi pribadi. Karena pesan teks tampak lebih terbatas, pengguna cenderung kurang curiga dan lebih rentan pada serangan ini.

Cara Mengidentifikasi Phishing

Identifikasi phising membutuhkan kecermatan dan perhatian lebih detail. Ada beberapa tanda peringatan yang dapat membantu kamu menghindari jebakan phising alias fake login.

1. Periksa Domain

Untuk yang pertama kali yakni periksa alamat URL dengan cermat. Situs phishing sering menggunakan domain yang mirip, tapi ada perbedaan kecil seperti penggunaan angka atau huruf yang salah. Pastikan untuk memeriksa alamat URL secara menyeluruh sebelum memasukkan informasi pribadi. Misalnya :

  • faceb00k.com
  • instgram.com
  • twittter.com
  • dll

2. Harus Sekarang Juga

Selanjutnya, berhati-hatilah dengan pesan yang mendesak dan ada indikasi memaksa. Pelaku phising sering menggunakan teknik intimidasi atau ancaman untuk memaksa korban agar segera mengambil tindakan sekarang juga. Situs web atau pesan resmi biasanya tidak akan meminta kamu untuk memberikan informasi pribadi secara mendadak atau melalui jalur yang tidak sah.

3. Perhatikan Typo

Terakhir, perhatikan kesalahan tata bahasa dan ejaan yang mencurigakan dalam pesan atau situs web. Phisher sering melakukan kesalahan ejaan atau tata bahasa yang jelas, yang tidak mungkin terjadi dalam komunikasi resmi dari perusahaan atau institusi.

Untuk yang terakhir ini, sangat sering terjadi para pemain phising dengan sengaja menuliskan kata yang salah namun si pembaca tetap bisa membacanya. Hal ini bertujuan untuk menghindari indikasi spam oleh penyedia email, whatsapp, atau lainnya. Sehingga para pelaku menggunakan spintax kata yang berkaitan, sehihngga jika diperhatikan akan terlihat mencurigakan.

Misal : H4lo kak, butuh p!njam4n t4npa sayrat? Buk4 https:// bit.ly /blabla b1sa CA1R 5jt

Hal ini maksudnya yakni untuk menghindari fitur pemblokiran pesan yang mungkin diterapkan pada smartphone si target, selain itu juga agar tidak diblokir oleh penyedia layanan.

Cara Menghindari Phishing

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk melindungi diri dari serangan phishing. Pertama-tama, selalu pastikan bahwa kamu hanya memberikan informasi pribadi atau sensitif pada situs web yang sah dan aman. Periksa apakah alamat URL dimulai dengan "https://" dan apakah ada ikon gembok yang menunjukkan koneksi yang terenkripsi. Jika ente ragu, lebih baik menghubungi perusahaan secara langsung untuk memastikan keabsahan situs web tersebut.

Selanjutnya, penting untuk tidak mengklik tautan dari email yang mencurigakan atau sms atau WA yang tidak kamu kenal. Lebih baik mengetik alamat situs web secara manual di jendela browser yang baru atau menyimpan tautan di bookmark.

Lalu pastiin dulu untuk perbarui perangkat lunak keamanan dan antivirusmu secara teratur untuk menghadapi ancaman terbaru. Selain itu, penting juga untuk mengedukasi diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu tentang serangan phishing dan bagaimana cara menghindarinya. Semakin banyak orang yang sadar akan ancaman ini, semakin sulit bagi pelaku phising untuk mencapai tujuannya.

Download Script Phising Juni 2024

Mungkin tidak sedikit dari kalian yang mengunjungi artikel ini bertujuan untuk download script phising alias fake login yang mungkin kami sediakan dengan tampilan yang 100% mirip seperti website target kita. Namun sayangnya, kalian akan merasa kecewa karena kami tidak akan memberikan link download script fake login karena itu tindakan merugikan.

Kami cek melalui semrush dan ahrefs, yang melakukan pencarian di mesin pencari (search engine) dengan kata kunci seputar fake login in cukup tinggi. Diantaranya yakni :

  1. Script phising facebook
  2. Download fake login twitter
  3. Script phising instagram
  4. Source code login mirip google gmail
  5. phisher github termux
  6. dsb

Perlu kami tekankan sekali lagi ya bro, tolong jangan lakukan itu karena itu merugikan banyak orang.

Kesimpulan

Phishing merupakan serangan siber yang sering merugikan banyak orang. Namun, dengan meningkatkan kesadaran dan mempelajari cara mengidentifikasi dan menghindari phising, kamu dapat melindungi diri sendiri dari serangan yang berbahaya ini. Selalu waspada terhadap tanda-tanda phising, periksa situs web dengan cermat, dan hindari memberikan informasi pribadi pada situs yang tidak sah. Dengan demikian, keamananmu di dunia digital akan tetap terjaga.

27 Mei 2023   |   cybersecurity